online

Sabtu, 21 Desember 2013

Yongris, Komisaris Utama BPR Hasamitra Raih Kepercayaan, Pecahkan Rekor MURI

Bank Prekreditan Rakyat (BPR) Hasamitra bediri sejak tahun 2005 silam. Meski masih terbilang baru, namun BPR Hasamitra  maju pesat dan mulai mampu bersaing dengan bank perkreditan milik pemerintah. Ekspansi usaha pun terus meluas. BPR Hasamitra yang telah memiliki lima kantor diantaranya dua kantor cabang dan tiga kantor kas di Makassar dan Kabupaten Gowa, mulai melirik daerah lain. Tahun 2014, BPR Hasamitra akan membuka dua kantor cabang di Palopo dan Parepare. Lantas, apa kiat BPR Hasamitra bisa maju pesat serta mampu bersaing dengan bank perkreditan lain yang telah puluhan tahun berdiri. Berikut wawancara wartawan BKM,  Niniek Sumarny Nanring dengan Komisaris Utama Bank Hasamitra Yongris.

BKM : Sejak kapan BPR Hasamitra terbentuk dan apa saja produk yang ditawarkan ?

Yongris:  BPR Hasamitra ini terbentuk sejak tahun 2005 silam dengan kantor pertama di Jalan Yos Sudarso, Makassar di dalam kawasan Pasar Sentral. Ada dua jenis produk yang ditawarkan BPR Hasamitra diantaranya pendanaan serta perkreditan. Pendanaan terdiri dari beberapa jenis diantaranya tabungan Ariska (Arisan Keluarga). Produk Hasamitra bagi rejeki dan Deposito Golden. Untuk produk prekreditannya terdiri dari Kredit Usaha Rumah Tangga (KURT) yang fokus membiayai usaha dalam rumah tangga seperti UKM.

BKM: Dari sekian produk  BPR Hasamitra, produk mana saja paling diunggulkan?

Yongris: Produk yang diunggulkan adalah tabungan Ariska (Arisan Keluarga). Tabungan yang pembayarannya 100 ribu perbulan dalam jangka waktu. Kalau menang arisannya, maka akan keluar dari anggota. Masa tabungan Ariska ini maksimal 1 tahun. Untuk produk perkreditan yang paling diunggulkan yaitu KURT. Dimana calon nasabah atau nasabah baik itu Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun karyawan swasta dapat mengambil kredit tanpa agunan dengan hanya menjaminkan rekening gajinya. KURT ini nilainya dimulai Rp 1 hingga Rp 100 juta. Untuk pegawai swasta Rp 1 hingga Rp 250 juta.

BKM: Selama berdiri, pencapaian apa saja yang telah diraih BPR Hasamitra ?

Yongris:Berbicara soal pencapaian banyak sekali yang telah diraih oleh BPR Hasamitra. Diantaranya, telah tiga kali meraih kinerja keuangan terbaik se Indonesia selama tiga tahun terakhir mulai dari tahun 2010, 2011 dan 2012. Selain itu, pencapaian terbesar BPR Hasamitra adalah peraih rekor MURI yang mencatat jumlah penabung terbanyak selama satu hari dengan jumlah penambung 6500 orang. Waktu itu acara yang kami bekerja sama dengan Harian Berita Kota Makassar.

BKM : Apa target dari BPR Hasamitra ke depan ?

Yongris: Memasuki tahun ke 8 ini, BPR Hasamitra menargetkan 50 ribu nasabah. Keyakinan ini timbul seiring kepercayaan masyarakat terhadap lembaga ini. Hasamitra terus eksis membantu masyarakat dalam hal pemberian modal. Saat ini, sudah ada 45 ribu nasabah. 10 ribu nasabah perkreditan, dan 35 ribu nasabah pendanaan. Target kami sangat realistis. Mudah-mudahan diakhir tahun 2013, bisa mencapai 50 ribu nasabah

BKM: Untuk mencapai harapan, langkah apa yang dilakukan BPR Hasamitra?

Yongris: Demi mengembangkan eksistensi kepada masyarakat di bidang ekonomi, BPR Hasamitra terus berevolusi. Memberikan program menarik bagi warga. Memberikan kemudahan kepada warga yang ingin mendapatkan bantuan permodalan. Tentunya yang tidak menyulitkan masyarakat. BPR Hasamitra terus berkembang dengan membuka kantor cabang diberbagai daerah Sulsel. Hal ini, untuk bisa melayani masyarakat hingga ke pelosok, dan kami berharap ke depan masyarakat Sulsel khususnya bisa mempercayakan BPR Hasamitra untuk mengelolah keuangan mereka dengan bergabung pada beberapa produk yang kami tawarkan

BPR : Kalau tidak salah saat ini, BPR Hasamitra sudah menjadi bank perkreditan terbaik ke 2 Indonesia. Karena angka kredit bermasalah sangat kecilnya. Angkanya hanya mencapai 0,071 persen, apa yang dilakukan BPR Hasamitra untuk mempertahankan prestasi ?

Yongris: Pencapaian kami selama ini tidak lepas dari kerjasama tim kami di BPR Hasamitra, kalau mengenai apa yang akan kami lakukan tentunya akan lebih mengembangkan sumber daya manusia kami, dan akan lebih mendekatkan diri kepada seluruh nasabah kami melalui pertemuan ataupun tetap menjaga pelayanan kami dan tentu saja bunga yang tidak terlalu tinggi. Setiap bulan, kami rutin melakukan aksi sosial untuk lebih mendekatkan diri kepada konsumen dengan kegiatan seperti sunatan massal, bersih-bersih dan berbagai kegiatan sosial lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
kami melayani pengurusan pendirian BPR baru, ataupun akuisisi BPR dengan jangka waktu 1 tahun sesuai motto kami, dalam jangka waktu itu tidak selesai kami tidak menerima bayaran apapun Jika berminat hubungi kami di No. HP. 082398147000