online

Sabtu, 21 Desember 2013

WAWANCARA DIREKTUR HASAMITRA

TIDAK ada yang mustahil saat ada kemauan dan kedisiplinan. Hal inilah yang diterapkan para pendiri Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Hasamitra Makassar 2005 silam. Bermodal Rp2 miliar, Hasamitra kini telah memiliki aset hingga Rp709 miliar dan terus bertambah setiap hari. 

Apa saja yang dilakukan para pendiri Hasamitra hingga bisa besar seperti saat ini, berikut petikan wawancara khusus wartawan KORAN SINDO Makassar, Rahmat Hardiansya dan Maman Sukirman dengan salah seorang pendiri yang dari awal ikut membangun Hasamitra dan kini menjabat sebagai Direktur BPR Hasamitra, I Made Semadi. 

Bisa Anda ceritakan bagaimana awal mula Hasamitra dibentuk, dan bagaimana Anda bergabung? 

BPR Hasamitra awalnya digagas oleh Bapak Yongris, sekaligus pemilik modal pada 2005 silam, kemudian Idolt Wawo yang menjadi Komisaris Utama, disusul Pak I Nyoman Supartra sebagai Direktur Utama, sementara saya sebagai Direktur. Saat itu saya masih di bank lain, tapi diajak oleh Pak Nyoman yang sebelumnya satu kantor dengan saya. Saat masuk, benar-benar memulai dari awal. 

Mulai dari perekrutan karyawan, kami lakukan sendiri. Bahkan kami dipinjamkan lokasi oleh Pak Hasan Basri pemilik MTC Karebosi untuk melakukan wawancara di lantai lima tempatnya. Sejak saat itu kami mulai menjalankan bank ini, bersama tujuh orang karyawan hasil penjaringan awal. Dari tujuh orang itu, kami optimistis dan menjalankan perusahaan ini. Hingga kini, kami telah memiliki ratusan karyawan dan akan terus bertambah seiring dengan makin besarnya perusahaan. 

Bagaimana perkembangan Hasamitra saat ini sejak dibentuk 2005 silam? 

Modal awal kami saat menjalankan bank ini hanya Rp2 miliar, namun di tahun kedua naik, kini modal kami telah menjadi Rp40 miliar. Dari modal Rp2 miliar itu, aset kami mulai tumbuh di tahun pertama sebesar Rp6,2 miliar dan kini telah mencapai Rp709 miliar. Karyawan pun dari hanya tujuh orang kini telah mencapai 120 orang dengan empat kantor. Kami masih fokus menjalankan bank ini di sektor perkreditan khususnya konsumtif. 

Hingga akhir 2012 lalu, total kredit yang kami salurkan mencapai Rp530 miliar dan di akhir Feberuari 2013, kredit tersalur mencapai Rp652 miliar dengan Dana Pihak Ketiga (DPK) Rp345 miliar. Memang sebagai BPR, Hasamitra belum berhasil menghimpun DPK lebih banyak dari masyarakat, untuk memenuhi permintaan yang tinggi, kami mengambil pinjaman di beberapa bank yakni di BNI, BII, Bank Niaga, Bank Danamon dan Bank Mandiri. 

Dari seluruh bank itu, BNI yang paling banyak memberi pinjaman. Masyarakat masih memberi kepercayaan kepada kami karena suku bunga pinjaman yang kami berikan lebih murah dari bank lain yakni, hanya 0,7%-0,9%, sementara bunga deposito 8%. Dari segi kesehatan bank, kami tergolong sehat karena non performance loan(NPL) atau kredit bermasalah kami hanya 0,09%. 

Bagaimana cara Anda membangun perusahaan ini hingga bisa tumbuh dan bertahan? 

Ada dua cara kami menjaga perusahaan ini. Pendekatan secara internal dan eksternal. Secara internal kedisiplinan merupakan hal yang utama, bahkan untuk hal-hal yang sangat kecil sekali pun, kami disiplin. Misalnya masuk kantor terlambat akan mendapat sanksi, karena jika dibiarkan terus akan terulang dan terulang lagi. Kedisiplinan ini bukan hanya untuk karyawan, tetapi berlaku pula bagi pimpinan. 

Karena bagi saya, siapa pun yang kedisiplinannya tinggi, keberhasilannya juga akan tinggi, itu yang kami percaya dan berhasil. Dengan disiplin sikap juga akan terbentuk, kepintaran bukan hal yang utama bagi kami, hal yang mendasar adalah sikap dan kepintaran akan ikut dengan sendirinya. Selain dari kedisiplinan, pendekatan internal juga kami utamakan empat pilar budaya yakni, kepercayaan, kehati-hatian, profesionalisme dan integritas. 

Sementara untuk menjaga nasabah tetap ada, kami selalu melakukan inovasi dan kejutan-kejutan. Pendekatan personal tidak bisa luput karena beberapa nasabah membutuhkan sentuhan khusus. Kejutan bisa dalam banyak hal, salah satunya produk keuangan yang lebih mumpuni dari sebelumnya.

 Untuk memacu semangat karyawan apa yang Anda lakukan? 

Setelah kami menanamkan kedisiplinan, kami memberikan mereka kompetisi. Tetapi bukan sembarang kompetisi, mereka harus jujur. Misalnya, khusus untuk di bidang kredit, kami membentuk tim. Setiap tim harus berlomba menjadi yang terbaik dengan prestasi yang baik pula. Setiap pemenang yang diakumulasi tiga bulan sekali akan mendapatkan rewardtertentu. 

Namun jika ada yang kedapatan memainkan data, kami tidak segan-segan untuk memecatnya. Seperti beberapa waktu lalu, ada karyawan yang kedapatan mendapat pulsa dari nasabah untuk memuluskan permohonan kreditnya, tidak ada proses kami langsung pecat. Kami sadar banyak hal harus dilakukan perusahaan agar Hasamitra tetap tumbuh, dan tumbuhnya Hasamitra tidak lepas dari peran serta karyawan. 

Untuk itu, kami menjaga mereka dan membuat suasana kantor layaknya rumah bagi mereka. Di sini semua fasilitas kami sediakan. Untuk menyalurkan hobby karyawan, kami membentuk banyak cabang kegiatan. Semisal yang hobby bola kami bentuk tim putsal, yang hobby karate kami buka, yang hobby musik kami bentuk band sekalian dengan alatnya dan banyak hal lainnya. Setiap kegiatan itu rutin dilakukan karyawan setiap pekan. Kami sengaja membuat karyawan merasa rumah mereka adalah Hasamitra sehingga harus dijaga baikbaik. 

Apa yang akan Anda lakukan ke depannya? 

Banyak hal yang akan kami lakukan. Salah satunya dengan membuka kantor cabang baru di Bone dan Parepare dalam waktu dekat. Kami juga menetapkan target aset tahun ini bisa mencapai Rp1 triliun. Sejauh ini khusus untuk BPR dengan aset di bawah Rp500 miliar telah banyak penghargaan yang kami terima. Yang tertinggi oleh InfoBank dengan menetapkan kami sebagai salah satu dari 10 BPR di Indonesia yang terbaik dari segala sisi, khusus untuk aset di bawah Rp500 miliar. 

Kami juga telah menerima penghargaan dari Musium Rekor Indonesia dengan mencatat rekor pembukaan rekening terbanyak mencapai 6.500 rekening dalam sehari. Intinya, setiap waktu akan ada kejutan dari Hasamitra, karena kejutan-kejutan seperti inilah yang membuat nasabah kami tetap ada dan tumbuh.
Comments
1 Comments

1 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
kami melayani pengurusan pendirian BPR baru, ataupun akuisisi BPR dengan jangka waktu 1 tahun sesuai motto kami, dalam jangka waktu itu tidak selesai kami tidak menerima bayaran apapun Jika berminat hubungi kami di No. HP. 082398147000